MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA DADU PINTAR PADA ANAK KELOMPOK A PAUD AL FIRDAUS SAMBI KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
EKA LOECIANA CHINTIA PUTRIARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0018
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran bahasa di PAUD masih didominasi olah kegitan bercerita. Akibatnya suasana kelas monoton dan pasif. Hal tersebut nampak dari hasil belajar yaga rendah.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengunaan media dadu pintar ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan? (2) apakan pengunaan permainan dadu pintar ini dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak? (3) apakah pengunaan permainan dadu pintar ini dapat meningkatkanhasil belajar anak?Penelitian ini mengunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok A PAUD Alfirdaus Sambi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, mengunakan istrumen berupa RKM, RKH, lembar penilaian perkembanganmembaca anak, lembar observasi guru.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. (2) Melalui siklus tindskan mengunakan media dadu pintar dapat maningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. (3) melalui siklus tindakan pembelajaran permainan dadu pintar dapat meningkatkan hasil belajar anak.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok mengunakan mdia dadu pintar adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak . oleh sebab iu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung meningkatnya hasil belajar anak. (2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah membelajaran mengunakan media dadu pintar sesui dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.