MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR PADA ANAK KELAS A KELOMPOK BERMAIN BUNGA BANGSA KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DENIK SRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0011

Abstract

Abstrak Denik Sriani : Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Kartu Huruf Bergambar Pada Anak Kelas A Kelompok Bermain Bunga Bangsa Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Media Kartu Huruf Bergambar Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran membaca pada anak usia dini masih menggunakan media seadanya. Akibatnya anak kurang tertarik dan hasil belajarnya kurang maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan media kartu huruf bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca? (2) apakah media kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui media kartu huruf bergambar. Penelitian ini mengggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelas A Kelompok Bermain Bunga Bangsa Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan observasi. Hasil penelitian yang di peroleh bahwa aktivitas pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan media kartu huruf bergambar mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Kemampuan membaca pada siklus 1 yang dinyatakan tuntas sebanyak (33,33%), siklus II sebanyak (55,56%), dan siklus III sebanyak (83,33%). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah media kartu huruf bergambar terbukti sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak kelas A Kelompok Bermain Bunga Bangsa Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Saran dalam penelitian ini adalah (1) bagi sesama guru kelompok bermain/TK, hendaknya proses pembelajaran khususnya pembelajaran membaca di tunjang dengan menggunakan media kartu huruf bergambar, (2) bagi kepala sekolah, hendaknya menyediakan media kartu huruf bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI