MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP WARNA MELALUI MEDIA KOTAK WARNA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BORO KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

BRIYANTIKA PUJI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0010

Abstract

ABSTRAK BRIYANTIKA PUJI LESTARI: Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Warna Melalui Media Kotak Warna Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Boro Kedungwaru Tulunggagung tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Kemampuan Mengenal Konsep Warna, Media Kotak Warna Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal konsep warna pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Boro Kedungwaru Tulungagung masih sangat rendah. Kurangnya semangat anak didik dalam belajar mengenal konsep warna. Akibatnya masih banyak anak didik yang belum mengenal konsep warna anak. Permasalahan peneliti ini adalah apakah melalui media kotak warna dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep warna pada anak kelompok A Tk Dharma Wanita Boro Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015? Peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK DharmaWanita Boro Kedungwaru Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus dan menggunakan instrumen berupa RKH dan RKM. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar hasil penilaian dan lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran mengenal konsep warna melalui media Kotak Warna dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak didik terutama dalam hal kegiatan mengenal konsep warna pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Boro Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 . Hal ini dapat di buktikan bahwa: pada kegiatan pra tindakan yaitu pengenalan konsep warna melalui media Kotak Warna memiliki prosentase ketuntasan mencapai 45,45 %, kemudian pada siklus I memiliki prosentase ketuntasan mencapai 52,27%, pada siklus II memiliki prosentase ketuntasan mencapai 63,63%, di lanjutkan pada siklus III kemampuan mengenal konsep warna melalui media Kotak Warna memiliki ketuntasan meningkat hingga mencapai 86,36%. Berdasarkan kesimpulan penelitian diatas, peneliti mengajukan saran kepada : 1) Guru, untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti media kotak warna sebagai media pembelajaran yang kreatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep warna, 2) Kepala Sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang lebih baik dan lebih banyak dalam media kotak warna.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI