MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUAH ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD HANDAYANI KEDUNGMARON KECAMATAN PILANGKENCENG KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
AYU SEKAR PINILIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0007
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, selama melaksanakan pembelajaran berhitung anak Kelompok A Paud Handayani Kedungmaron Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun yang masih lemah. Suasana kelas yang masih monoton,pasif dan membosankan membuat motivasi belajar anak menurun dan berakibat pada hasil belajar anak yang rendah .
Permasalahan utama ini penelitian ini adalah kurangnya kemmapuan guru dalam penggunaan alat peraga dan teknik pembelajaran yang digunakan guru kurang efektif dan efisien. Secara teoritis proses pembelajaran seorang guru seharusnya menggunakan teknik yang menarik dan menyenangkan sehingga dapat menarik perhatian anak. Cara yang seharusnya dilakukan oleh guru adalah mengembangkan penggunaan alat peraga sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancer, menarik dan menyenangkan bagi anak.
Peneliatian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A Paud Handayani Kedungmaron Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Penelitian dilaksanakan dalam siklus menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar observasi anak, dan lembar observasi guru.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan berhitung anak masih tergolong lemah dan penerpan Media buah Angka dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak Kelompok A Paud Handayani Kedungmaron Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015