MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE AL-JADID PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN PAUD AISYIYAH III KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
AQUARISTA FEBRI ISTIQHFARIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0005
Abstract
Abstrak
Aquarista Febry Istiqhfarin, Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Huruf Hijaiyah Melalui Metode Al - JadidPada Anak Kelompok Bermain PAUD AISYIYAH III Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri 2015.
Kata Kunci : kemampuan membaca huruf hijaiyah, metode Al-Jadid
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah pada saat ini belum sepenuhnya terwujud pada anak kelompok bermain PAUD AISYIYAH III PARE. Biasanya para orang tua mengajarkan membaca huruf hijaiyah pada anak saat usia 5 – 6 tahun. Banyak ditemui di PAUD AISYIYAH jarang mengajarkan huruf hijaiyah pada usia 3 – 4 tahun. Karena menurut guru membaca huruf hijaiyah masih terlalu sulit diterima anak, namun ada sebagian anak sudah bisa membaca huruf hijaiyah pada usia 3 – 4 tahun karena pembiasaan dari orang tua.
Permasalahan penelitian ini adalah : “Apakah penerapan metode Al – Jadid dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelompok bermain PAUD AISYIYAH III Kecamayan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015?”Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian Kelompok Bermain PAUD AISYIYAH III Kecamatan Pare. Penelitian dilaksanakan Tiga siklus. Menggunakan instrument berupa lembar observasi kegiatan pembelajaran, RKH, dan lembar penilaian.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dalam siklus tindakan pembelajaran melalui metode Al-Jadid dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak. (2) Dalam siklus tindakan pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode Al-Jadid dan dapat memotivasi anak, sehingga hasil belajar anak semakin meningkat.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, bahwa penggunaan metode Al-Jadid dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak Kelompok Bermain PAUD AISYIYAH III Kecamatan Pare, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Disampaikan saran-saran sebagai berikut : 1. Bagi sesama guru Kelompok Bermain,hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar dengan menambah metode yang digunakan. 2. Bagi Kepala PAUD Aisyiyah III, penerapan metode ini membutuhkan papan Al-Jadid, diharapkan Kepala sekolah melakukan pengadaan papan Al-Jadid
yang baik