MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA BOWANG PADA ANAK KELOMPOK A TK TAMAN INDRIA KECAMATAN KOTA, KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

APRILIA WAHYU QUR'AINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0004

Abstract

ABSTRAK APRILIA WAHYU QUR’AINI. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal angka 1 – 10 Menggunakan Media Bowang Pada Anak Kelompok A Tk Taman Indria Kecamatan Kota, Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Prodi S1 PG PAUD , Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci : Mengenal angka 1 – 10, Media bowang Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di TK Taman Indria kemampuan anak dalam mengenal angka sangat rendah. Terlihat dari setiap hasil tengah semester menunjukkan kemampuan mengenal angka anak masih sangat rendah. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan oleh pendidik monoton dan tidak menyenangkan. Penggunaan permainan media bowang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 – 10 anak dalam proses belajar mengajar di Taman Kanak-kanak, sehingga anak lebih paham dan mengingat dalam kemampuan mengenal angka 1 – 10. Tujuan penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan mengenal angka 1 – 10 anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di Tk Taman Indria Kecamatan Kota, Kota Kediri sebanyak 15 anak. Peningkatan kemampuan mengenal angka 1 - 10 melalui permainan media bowang di Tk Taman Indria Kecamatan Kota, Kota Kediri terbukti dari hasil belajar yang diperoleh anak sebelum melakukan permainan media bowang. Pada siklus I, II, III terus mengalami peningkatan yaitu pra tindakan terdapat 4 anak (26.7%) yang mencapai ketuntasan, siklus I mengalami peningkatan 5 anak (33.3%) yang mencapai ketuntasan, siklus II meningkat 9 anak (60%) yang mencapai ketuntasan, siklus III meningkat 13 anak (86.7%) yang mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa permainan media bowang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 – 10 anak. Saran, untuk maksud yang sama yaitu upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 – 10, media bowang ini dapat dijadikan pilihan tindakan sebagai pengenalan angka 1 – 10 pada anak didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI