MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PERMAINAN DAKON KREATIF PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA JABON KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ANA FALERA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0002
Abstract
Abstrak
Ana Falera : Meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 melalui permainan dakon kreatif pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Jabon Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Kemampuan Berhitung 1-10, Permainan Dakon Kreatif
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung 1-10 pada anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Jabon Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri masih sangat rendah. Anak didik kurang tertarik terhadap pembelajaran berhitung. Akibatnya masih banyak anak didik yang belum dapat berhitung 1-10. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan permainan dakon kreatif dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A TK Dharma Wanita Jabon?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Jabon Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus dan menggunakan instrumen berupa RKH dan RKM. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian hasil unjuk kerja dan lembar observasi proses pembelajaran.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan permainan dakon kreatif dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A TK Dharma Wanita Jabon. Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, peneliti mengajukan saran kepada : 1) Guru, untuk mengunakan media pembelajaran yang menarik seperti permainan dakon kreatif sebagai media pembelajaran yang kreatif untuk meningkatkan kemampuan berhitung 1-10, 2) Kepala Sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang lebih baik dan lebih banyak dalam permainan dakon kreatif.