PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN TAWANG I KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

TRI WIDYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0461P

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil pengamatan proses pembelajaran menulis karangan narasi yang digunakan oleh seorang guru kurang bervariasi. Guru kurang aktif dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai pada setiap proses pembelajaran. Model pembelajaran dengan ceramah lebih sering digunakan pada setiap pembelajaran, sehingga materi yang diterima oleh anak kurang maksimal, anak cenderung kurang aktif karena model pembelajarannya membosankan. “Model pembelajaran dapat didefinisikan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar Adapun permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Tawang I Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014 ? 2015 yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tawang I Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dengan instrumen berupa seperangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis menggunakan uji t. Hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN SDN Tawang I Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dengan ketuntasan di bawah KKM 75% terbukti benar. Hal ini terbukti dari hasil uji t dengan db 34, maka t-hitung (5,539) > t-tabel 1% (2,042) dengan rerata kelas di bawah KKM (50,23). (2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran complete sentence berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN SDN Tawang I Kecamatan Wates Kabupaten Kediri mengalami peningkatan dengan ketuntasan di atas 75% terbukti benar. Hal ini terbukti dari hasil uji t dengan db 34, maka t-hitung (5,539) > t-tabel 1% (2,042) dengan rerata kelas diatas KKM yaitu 82,63. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Complete Sentence terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa siswa kelas IV SDN SDN Tawang I Kecamatan Wates Kabupaten Kediri hal ini terbukti dari hasil uji t dengan db 34, maka t-hitung (5,539) > t-tabel 5% (2.750), sehingga sangat signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence bertujuan mengarahkan atensi peserta didik terhadap materi yang dipelajari dan membantu mendapatkan informasi, ide, keterampilan, cara berpikir, dan mengekspresikan ide.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI