PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN SUKORAME 3 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

SLAMET BASUKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0459P

Abstract

Abstrak SLAMET BASUKI, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Didukung Media Gambar terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Fungsi Organ Pencernaan Manusia pada Siswa Kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014 / 2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Model Pembelajaran Bertukar Pasangan, Media Gambar, Kemampuan Mengidentifikasi. Latar belakang penelitian ini adalah hasil pengamatan proses pembelajaran di kelas bahwa pembelajaran yang berpusat pada guru dan memposisikan siswa sebagai pendengar, pencatat, dan penghafal materi yang disampaikan guru serta media yang digunakan belum tepat berakibat pada lemahnya pemahaman konsep mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia, karena proses pembelajaran cenderung membosankan sehingga siswa menjadi pasif dalam belajar. Adapun permasalahan penelitian ini rendahnya kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia pada siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri Tahun pelajaran 2014 ? 2015 dengan rendahnya pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sukorame 1 Kota Kediri sebagai kelas kontrol dan siswa SDN Sukorame 3 Kota Kediri sebagai kelas eksperimen dengan instrumen berupa seperangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis menggunakan uji t. Hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia siswa kelas V SDN Sukorame 1 Kota Kediri dengan ketuntasan di bawah 75% atau di bawah KKM terbukti benar. Hal ini terbukti dari hasil uji t dengan db 33, maka t-hitung (4, 311) > t-tabel 1% (2.750) rerata kelas 64,118.(2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri mengalami peningkatan dengan ketuntasan di atas 75% atau di atas KKM. Hal ini terbukti dari hasil uji t dengan db 34, maka t-hitung (7,560) > t-tabel 1% (2.704) dengan rerata kelas diatas KKM yaitu 81,57. (3) Ada Perbedaan Pengaruh antara Tanpa Penggunaan Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Didukung Media Gambar Dibanding dengan Menggunakan Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Didukung Media Gambar terhadap Kemampuam Mengidentifikasi Fungsi Organ Pencernaan Manusia Didukung Media Gambar Siswa Kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri hal ini terbukti dari hasil uji t dengan db 67, maka t-hitung (7,011) > t-tabel 1% (2.660) sehingga sangat signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, saran yang dikemukakan adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan karena model pembelajaran bertukar pasangan menekankan keaktifan, kecermatan siswa bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik sehingga siswa mampu menggali pengetahuan yang dimiliki dengan penggunaan media gambar dan pasangannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI