PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA TORSO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN KALORAN I KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

SITI SAFAATUR ROFIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0458P

Abstract

ABSTRAK Siti Safaatur Rofiah:Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Didukung Media Torso terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Fungsi Organ Pernapasan Manusia pada Siswa Kelas V SDN Kaloran I Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2013/2014, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata kunci : Group investigation, kemampuan mengidentifikasi, fungsi organ pernapasan manusia. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD sebagian besar masih didominasi guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar menjadi rendah. Untuk mengatasi hal tersebut perlu digunakan variasi model dan media pembelajaran. Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di SD adalah model pembelajaran group investigation dan media torso. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakahkemampuanmengidentifikasifungsi organ pernapasanmanusiasebelummenggunakan model pembelajarangroup investigationdidukung media torsosiswakelas V SDN Kaloran I KecamatanNgronggotKabupatenNganjukTahunPelajaran 2013/2014 mencapaiketuntasanklasikal ? 85 % ?(2) Apakahkemampuanmengidentifikasifungsi organ pernapasanmanusiasesudahmenggunakan model pembelajarangroup investigationdidukung media torsosiswakelas V SDN Kaloran I KecamatanNgronggotKabupatenNganjukTahunPelajaran 2013/2014mampumencapaiketuntasanklasikal ? 85 % ?(3) Adakahpengaruh model pembelajarangroup investigationdidukung media torsoterhadapkemampuanmengidentifikasifungsi organpernapasanmanusiapadasiswakelas V SDN Kaloran I KecamatanNgronggotKabupatenNganjukTahunPelajaran 2013/2014?. Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatif dengan teknikeksperimental yang berupapre-ekperimental designs danberbentukone-group pretest-posttest designPenelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Kaloran I KecamatanNgronggotKabupatenNganjukTahunPelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 34. Instrumen yang digunakan berupa tes dan chek-list pengamatanpelaksanaanpembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran group investigation didukung media torso dapat mempengaruhi kemampuan mengidentifikasifungsi organ pernapasanmanusia. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa kelas V SDN Kaloran I KecamatanNgronggotKabupatenNganjukTahunPelajaran 2013/2014tanpa menggunakan model pembelajaran group investigation didukung media torso dari 29 % menjadi 90 % setelah model pembelajaran group investigation didukung media torso. Hal tersebut membuktikan terdapat pengaruh model pembelajaran group investigationdidukung media torso terhadapkemampuanmengidentifikasifungsi organ pernapasanmanusia.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-12-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI