PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP PENGUASAAN KONSEP ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN WONOREJO KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

Ainur Rofik
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0442

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan langsung oleh peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDN 02 Desa Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung guru dalam proses pembelajaran masih cenderung menggunakan pembelajaran konvensional dan tanpa menggunakan media Pembelajaran yang sesuai. Hal tersebut berdampak rendahnya tingkat penguasaan konsep dalam mata pelajaran IPA yang nilainya masih banyak yang berbeda di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh penggunaan media power point terhadap penguasaan konsep organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN 02 Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh tanpa menggunakan media power point terhadap penguasaan konsep organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN 01 Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengungkapkan adanya perbedaan pengaruh antara pembelajan menggunakan media power point dibanding pembelajaran tanpa menggunakan media power point terhadap penguasaan konsep organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, penelitian menggunakan Teknik Quasi Experimental Design, dengan bentuk desain Non equivalent control Group Design. Subyek dan obyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Wonorejo sebagai kelas kontrol terdiri dari 30 siswa dan SDN 02 Wonorejo sebagai kelas eksperimen terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data pada Penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes yang terdiri atas 25 soal. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis menggunakan rumus Jenjang Presentil (JP) dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran menggunakan media power point berpengaruh sangat signifikan terhadap penguasaan konsep organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN 02 Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dengan ketuntasan klasikal mencapai 85%. Hal ini terbukti dari nilai th = 13,832 > tt 1% = 2,756. (2) Pembelajaran tanpa menggunakan media power point berpengaruh sangat signifikan terhadap penguasaan konsep organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN 01 Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagungdengan ketuntasan klasikal sebesar 47%. Hal ini terbukti dari nilai th 11,653 > tt 1% = 2,756. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara pembelajaran menggunakan media power point dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan media power point terhadap penguasaan konsep organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Hal ini terbukti dari nilai th = 5,260 > tt 1% = 2,663 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata post test kelompok eksperimen 86,67 > dibanding nilai post test kelompok kontrol 73,33. Kata Kunci: Media Power Point, Penguasaan Konsep Organ Peredaran Darah Manusia

Keyword

a

Reference

A’la, Miftakhul. 2010. Quantum Lear-ning. Yogyakarta : Diva Press. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan prak-tik. Jakarta: PT. Rineka Cipta Febrian, Jack. 2004. Pengetahuan Kom-puter dan Teknologi Informasi. Bandung : Informatika. Royanah. 2005. Pengaruh Penggunaan media berbasis media audio-visual terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X semester 1 SMA Muhammadiyah 2 Yogya-karta. Skripsi. Yogyakarta. Tidak dipublikasikan. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitas-tif, Kualitatif, dan R & D. Ban-dung: CV. Alfabeta.

PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI