PENGARUH METODE IMPROVE DIDUKUNG MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENULISKAN TANDA WAKTU DENGAN NOTASI 24 JAM PADA SISWA KELAS V SDN TEGALAN KANDAT KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

REZHA SAPTA NUGRAHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0432

Abstract

ABSTRAK

 

Rezha Sapto Nugroho:Pengaruh MetodeImprovedidukung Media Benda Konkeit Terhadap Kemampuan Menuliskan Tanda Waktu Dengan Notasi 24 Jam Pada Siswa Kelas V SDNTegalan Tahun 2017/2018

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Tegalan yang menunjukkan bahwa kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V semester 2 SDN Tegalan cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran Matematika yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru.

Permasalahan peneliti ini adalah: (1) Apakah kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam siswa kelas V SDN Tegalan yang dibelajarkan dengan menggunakan metode Improve dapat mencapai KKM ?(2) kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jamsiswa kelas V SDN Tegalan yang dibelajarkan dengan metode Improve dengan mediabenda konkret dapat mencapai KKM ?(3) Adakah pengaruh metode Improve dengan media benda konkret terhadap kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam siswa kelas V SDN Tegalan tahun 2017/2018 ?

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas V SDN Tegalan. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas Va Tegalan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode Improve tanpa media benda konkret dan kelas Vb Tegalan sebagai kelas eksperimen dengan metode Improve dan menggunakan media benda konkret, untuk analisis data menggunakan t-tes. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam yaitu menggunakan tes. Dari analisis data yang telah dilakukan, untuk kelas Va SDN Tegalan (kelas kontrol) dengan metode Improvetanpa media benda konkret sedangkan untuk kelas Vb SDN Tegalan(kelas eksperimen) dengan metode Improve didukung media Benda Konkret.

Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)Kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam menggunakan metode Improve tanpa media Benda Konkret  pada siswa kelas Va Tegalan atau kelas kontrol ternyata tidak dapat mencapai KKM. Terbukti dengan hasil th = - 1,113< tt 1%= 2,845; (2) Kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam menggunakan metode Improve didukung media benda konkret pada siswa kelas Vb SDN Tegalan atau kelas eksperimen ternyata dapat mencapai KKM, terbukti dengan hasil th = 6,034> tt 1%= 2,845; (3) Ada perbedaan pengaruh metode Improve dengan media benda konkret terhadap kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam, dengan hasil perhitungan th = 7,299> tt 1% = 2,704 dengan keunggulan pada penggunaan metode Improve dengan media Benda Konkret.

 

 

KATA KUNCI  : Metode Improve, Media Benda Konkret, Kemampuan Menuliskan Tanda Waktu Dengan Notasi 24 Jam


Keyword

a

Reference

V.        DAFTAR PUSTAKA

 

Alwi,Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Balai Pustaka

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifin, Zainal. 2010, Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori dan Aplikasinya. Surabaya : Lentera Cendekia

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, 1996. Strategi Belajar mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Endang. 2013. Evaluasi Proses Suatu Program. Jakarta : Bumi Aksara

Gie, The Liang. 2003. Administrasi Perkantoran Moderen. Yogyakarta : Liberty

Huda. 2015. Model – Model pengajaran dan Pembelajaran Isu – Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Iskandar.2013. Metodologi Penelitiandan Sosial.Jakarta :Referensi

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu.Bandung: PT. RemajaRosdakarya

Karso, 1999. Pengetahuan Matematika. Depdiknas. Jakarta

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia

Lusia Tri Astuti, 2009. Matematika 5 Untuk SD Kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Misbahuddin. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : BumiAksara

Muhamad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka

Mulyatiningsih, 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Nurhadi.dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstua danPenerapannyadalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : BalaiPustaka

Richard Smith, Bem. 2007. Introduction of Psychology. Edisi ke – 11 . Batam : Interaksara

Runtukahu, Tombokan. 2004. Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta : RAR-RUZZ Media

Ruseffendi, 2005. Dasar – Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksata Lainnya. Bandung : Tarsito

Tabani Rusyan, 1993. Penuntun Belajar yang Sukses. Jakarta : Nike karya Jaya

Sanjaya, 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media

Soenarjo. 2007. Matematika 5. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan

Suherman, Erman .2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosda.

Sugiyantoro. 2010. Penerapan Metode Improve Berbantu Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIIID SMPN 2 Ambulu Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010.Jember : Universitas Jember

Sugiyono, Dedi Gunarto, 2011. Matematika Untuk SD Kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto, Kusumawati, Aksin. 2008. Gemar Matematika 5 . Jakarta :  Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan

Sumarmo. 1994. Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA di Kodya Bandung. Jurnal Laporan Penelitian IKIP Bandung. Tidak dipublikasikan.

Syahodih, 1992. Perencanaan Pengajaran Depdikbud. Jakarta

Tabrani, Rusyan. 1993. Penuntun Belajar yang Sukses. Jakarta : Nike Karya Jay

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekertariat Negara

Y.D.Sumato, Heny Kusumawati, Nur Aksin, 2008. Gemar Matematika 5 Untuk SD dan MI Kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.

Yuningsih. 2013.Penerapan Metode IMPROVE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran TIK.(online) pada 2 Desember 2017 : http://cs.upi.edu/uploads/paper

Yunita. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran improve Dengan Penggunaan kepala Bernomor Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas XI APK 1 SMK Pemuda Papar Tahun Ajaran 2015/2016. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.


PUBLISHED

2018-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI