PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT SISWA KELAS IV SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI KEBONAGUNG 5 KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ZAINAL ARIFIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0431P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa pembelajaran PKn di SD cara guru mengajar belum menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga membuat siswa pasif. Dengan adanya variasi metode pembelajaran guru belum bisa melaksanakan maksimal. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan hasil belajar materi Sistem Pemerintahan Pusat sebelum menggunakan model Team Games Tournament siswa kelas IV semester II SDN Kebonagung V Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. (2) mendeskripsikan hasil belajar materi Sistem Pemerintahan Pusat setelah menggunakan model Team Games Tournament siswa kelas IV semester II SDN Kebonagung V Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. (3) membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan model Team Games Tournament terhadap hasil belajar materi Sistem Pemerintahan Pusat siswa kelas IV semester II SDN Kebonagung V Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen diadaptasi dari desain eksperimen one group pretest- posttest. Subyek penelitian ini adalah kelas IV SDN Kebonagung V Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil Materi Sistem Pemerintahan Pusat sebelum menggunakan model Team Games Tournament siswa kelas IV semester II SDN Kebonagung V Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2014/2015, belum berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal 26%. (2) Hasil materi Sistem Pemerintahan Pusat setelah menggunakan model Team Games Tournament siswa kelas IV semester II SDN Kebonagung V Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2014-2015 berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal  79%. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model Team Games Tournamen terhadap hasil belajar materi Sistem Pemerintahan Pusat siswa kelas IV semester II SDN Kebonagung V Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Hal ini terbukti dari nilai th = 11,035 >  tt 1% = 2,756 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata pretest sebesar 68,40 > dibanding nilai posttest sebesar 80,20.

 

Kata Kunci:     Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Team Games Tournament, Hasil Belajar Pkn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Siswa


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Prak-tik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Indonesia 2005 Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta, Balai Pustaka.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasio-nal.

Indra Kusuma Amir Daien. 1978. Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional


PUBLISHED

2018-08-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI