Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar siswa kelas III MI AL FALAH mojokerep- plemahan kediri tahun 2013/2014
Author (Penulis)
SULASTRI ANI ELISTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0424
Abstract
Abstrak
Hasil survey di kelas saat pembelajaran adalah para siswa masih sulit untuk konsentrasi, kurang motivasi belajar, guru hanya menggunakan metode ceramah, pembelajaran hanya berpusat pada guru dan rata-rata hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 2). Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas III MI ALFALAH Mojokerep Plemahan Kediri tahun pelajaran 2013/2014, hal ini sesuai dengan hasil uji-t sampel berpasangan dimana hasil t-hitung sebesar -9,131 sedangkan t-tabel sebesar 2,093. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar siswa kelas III MI AL FALAH Mojokerep Plemahan Kediri tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : STAD, kemampuan mengidentifikasi