Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar siswa kelas III MI AL FALAH mojokerep- plemahan kediri tahun 2013/2014


Author (Penulis)

SULASTRI ANI ELISTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0424

Abstract

Abstrak Hasil survey di kelas saat pembelajaran adalah para siswa masih sulit untuk konsentrasi, kurang motivasi belajar, guru hanya menggunakan metode ceramah, pembelajaran hanya berpusat pada guru dan rata-rata hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 2). Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas III MI ALFALAH Mojokerep Plemahan Kediri tahun pelajaran 2013/2014, hal ini sesuai dengan hasil uji-t sampel berpasangan dimana hasil t-hitung sebesar -9,131 sedangkan t-tabel sebesar 2,093. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar siswa kelas III MI AL FALAH Mojokerep Plemahan Kediri tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : STAD, kemampuan mengidentifikasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI