PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE DIDUKUNG MEDIA KALINO TERHADAP KEMAMPUAN PERKALIAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN TEGOWANGI KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

JULI FAMUJI WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0412

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran matematika di SDN Tegowangi saat ini belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Suasana pembelajaran yang didominasi guru dan keterampilan siswa dalam materi sangat rendah. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan peneliti terhadap pembelajaran di kelas III SDN Tegowangi penyajian guru belum menggunakan model yang bervariasi. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam kemampuan perkalian matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model Take and Give didukung media kalino berpengaruh terhadap kemampuan perkalian matematika siswa kelas III-A SDN Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 ? (2) Apakah model Take and Give tanpa media kalino berpengaruh terhadap kemampuan perkalian matematika siswa kelas III-B SDN Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 ? (3) Adakah perbedaan pengaruh model Take and Give di dukung media kalino dibandingkan model Take and Give tanpa media kalino terhadap kemampuan perkalian matematika siswa kelas III-A dan III-B SDN Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model take and give didukung media kalino berpengaruh terhadap kemampuan perkalian matematika pada siswa kelas IIIA SDN Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. hal ini terbukti dari tingginya harga nilai t hitung = 10.926 > t tabel 1% =2,086. p<0,01 yang berarti sangat signifikan dengan ketuntasan klasikal 89,92%. (2) Penggunaan model Take and Give tanpa media kalino berpengaruh terhadap kemampuan perkalian matematika pada siswa kelas IIIB SDN Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari tingginya harga nilai t hitung = 6.381 > t-tabel 1% =2,086 p<0,01 yang berarti sangat signifikan dengan ketuntasan klasikal 56.08%.(3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Take and Give didukung media kalino dibanding dengan menggunakan model Take and Give tanpa media kalino terhadap kemampuan perkalian matematika pada siswa kelas III SDN Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri dengan keunggulan pada penggunaan model Take and Give didukung media kalino. hal ini terbukti dari tingginya harga nilai t hitung = 4.083 > t-tabel 1% =2,021 dengan keunggulan pada penggunaan model Take and Give didukung media kalino, yang terbukti dengan hasil perbandingan Kelompok eksperimen 88.95 > Kelompok kontrol 74.90. Kata Kunci : model Take and Give didukung media kalino,model Take and Give tanpa media kalino

Keyword

a

Reference

V. DAFTAR PUSTAKA
Anni, Catharina Tri, dkk (2006). Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Arikunto, S. (2009) Manajemen Pe-nelitian. Jakarta : PT Rineka. Cipta. Arikunto, S. (2010) Prosedur pene-litian Suatu Pendekatan Prak-tik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. Sukardi (2015) Metodologi Penelitian Pen-didikan Kompetensi dan Prak-tiknya. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
8


PUBLISHED

2018-08-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI