PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMERANKAN TOKOH DRAMA SISWA KELAS V SDN NGINO KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

HALIMATUZ ZAHRO'
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0410P

Abstract

ABSTRAK HALIMATUZ ZAHRO’ : Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Memerankan Tokoh Drama Siswa KelasV SDN Ngino Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : metode bermain peran, kemampuan memerankan tokoh drama. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di SDN Ngino tentang kemampuan memerankan tokoh drama. Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran terlihat bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih tergolong rendah, khususnya dalam pembelajaran memerankan tokoh drama. Permasalahannya terletak pada bagaimanakah kemampuan memerankan tokoh drama tanpa menggunakan metode bermain peran, bagaimanakah kemampuan memerankan tokoh drama dengan menggunakan metode bermainperan, adakah pengaruh memerankan tokoh drama terhadap kemampuan memerankan tokoh drama. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian in iadalah pendekatan kuantitatif, yaitu sumber data yang mampu disuguhkan berupa angka – angka. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan lembar observasi/pengamatan. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama tanpa menggunakan metode bermain peran siswa kelasV SDN Ngino kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 dinyatakan tidak berhasil. (2) Kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama dengan menggunakan metode bermain peran siswa kelas V SDN Ngino kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 dinyatakan berhasil. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan dalam penggunaan metode bermain peran terhadap kemampuan memerankan tokoh drama siswa kelas V SDN Ngino kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari penelitian in idiharapkan para pendidik menambah pengetahuan tentang perkembangan metode, sehingga siswa tidak bosan karena pembelajaran terpusat pada pendidik dan pendidik terbiasa hanya menggunakan metode ceramah ketika mengajar. Pengetahuan tentang media sangat penting karena media berfungsi sebagai alat bantu pendidikan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI