PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA KARTU TERHADAP KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI II TANGGULTURUS KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
DWI SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0402P
Abstract
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Didukung Media Kartu Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri II Tanggulturus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015
DWI SUSANTI
11.1.01.10.0402P
FKIP-PGSD
Susantidwi178@gmail.com
Drs.Bambang Soenarko, M.Pd dan Muhamad Basori, S.Pd.I., M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK: DWI SUSANTI: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Didukung Media Kartu Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri II Tanggulturus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016,Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri 2016.
Guru memegang peranan strategis terutama dalam membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan Model Pembelajaran Konvensional yang hanya berpusat kepada guru sehingga terlihat dari rendahnya kemauan siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, siswa cenderung pasif, tidak kreatif, tidak berani mengemukakan pendapat, maupun bertanya tentang materi pelajaran yang belum dimengerti. Proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan materi yang akan disampaikan sehingga siswa lebih mudah dalam penguasaan, salah satu cara adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI). Siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif sehingga dapat merangsang siswa lebih bergairah dalam belajar.
Design penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. populasi dan sampael dari penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri II Tanggulturus sejumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah pre-tes dan post-tes, data analisis adalah menggunakan analisis uji-t. Ada pengaruh penggunaan Model Group Investigation (GI) didukung media kartu terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV dengan thitung sebesar -8,088 dan ttabel sebesar 1,66980.
Kata Kunci: Pengaruh, Konvensional, Group Investigation, dan Pendekatan Korelasional.