PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK YANG DIDENGAR SISWA KELAS II SDN MRANGGEN KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
AINUN NURISMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0395P
Abstract
ABSTRAK
AINUN NURISMA’: Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Cerita Anak Yang Didengar Siswa Kelas II SDN Mranggen Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : media audio visual, kemampuan menceritakan kembali cerita anak.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di SDN Mranggen tentang kemampuan menceritakan kembali cerita anak. Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran terlihat bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia masihtergolong rendah, khususnya dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita anak.
Permasalahannya terletak pada bagaimanakah kemampuan menceritakan kembali cerita anak tanpa menggunakan media audio visual, bagaimanakah kemampuan menceritakan kembali cerita anak dengan menggunakan media audio visual, adakah pengaruh kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang didengar dengan media audio visual.
Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu sumber data yang mampu disuguhkan berupa angka – angka. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan lembar observasi/pengamatan.
Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang didengar tanpa menggunakan media audio visual pada siswa kelas II SDN Mranggen Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 dinyatakan tidak berhasil. (2) Kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang didengar sesudah menggunakan media audio visual pada siswa kelas II SDN Mranggen Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 dinyatakan berhasil. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan dalam penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang didengar pada siswa kelas II SDN Mranggen Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.
Dari penelitian ini diharapkan para pendidik menambah pengetahuan tentang perkembangan media, sehingga siswa tidak merasa bosan pada roses pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan bercerita dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, pengetahuan tentang media sangat penting karena media berfungsi sebagai alat bantu pendidikan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.