PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MENJELASKAN KEGUNAAN BENDA PLASTIK, KAYU, KACA DAN KERTAS PADA SISWA KELAS III MI PSM BANJARSARI KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 20017/2018
Author (Penulis)
ZAINU PURWO A
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0393
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan berdasarkan dokumentasi nilai hasil ulangan harian IPA siswa kelas III PSM Banjarsari Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk, khususnya pada pokok bahasan kegunaan benda plastik, kayu kaca dan kertas, banyak siswa yang belum memenuhi ketuntasan indikator pembelajaran yang telah ditetapkan berdasarkan kurikulum sekolah.Untuk memperbaiki permasalahan tersebut, maka pendidik berasumsi melalui penerapan metode pembelajaran demonstrasi dengan media tiga dimensi agar siswa dapat mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan siswa terhadap penugasan materi pada pokok bahasan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas sebelum menerapkan metode demonstrasi dengan media tiga dimensi pada siswa kelas III MI PSM Banjarsari Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018. (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pokok bahasan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas setelah menerapkan metode demonstrasi dengan media tiga dimensi pada siswa kelas III MI PSM Banjarsari Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018. (3)Menjelaskan ada tidaknyapengaruh metode demonstrasi dengan media tiga dimensi terhadap hasil belajar menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas pada siswa kelas III MI PSM Banjarsari Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan eksperimental one group pretest-posttest. pengambilan sampel dengan menggunakan penelitian populasi adalah subjek hanya berjumlah 19 orang, hal ini dikarenakan dari tujuan penelitian yaitu menemukan ada atau tidaknya pengaruh metode demonstrasi dengan media tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa pada nilaipretest adalah belum mencapai indikator keberhasilan. (2) hasil belajar siswa pada nilai posttest adalah sudah mencapai indikator keberhasilan. (3) Pengaruh metode demonstrasi dengan media tiga dimensi terhadap hasil belajar menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas terjadi pengaruh yang signifikan antara sebelum penerapan dan setelah penerapan metode demonstrasi dengan media tiga dimensi terhadap hasil belajar menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
Kata kunci: metode demonstrasi, media tiga dimensi, kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas.
Keyword
a
Reference
Arikunto, S. 2008. Prosedur. Penelitian. Suatu.Pendekatan.praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
_______. 2010. Prosedur .Penelitian .Suatu .Pendekatan.praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan media Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
http://widisudharta.weebly.com
Marno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rafika Aditama.
Rozak, Abdul. 2012. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
_______. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. 2008. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
_______, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Soli, Abimanyu, (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.
Suryabrata, Sumadi. 2000. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Syah, Muhibbudin. 2009. Psikologi Belajar. Bandung: Rosdakarya.