PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIKUM DAN MEDIA BENDA KONKRET SISWA KELAS III SDN BARENG 3 KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

YUSWANTO DWI H
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0391

Abstract

Yuswanto Dwi H: Peningkatan Kemampuan Menganalisis Materi Perubahan Wujud Benda Dengan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Dan Media Benda Konkret Siswa Kelas III SDN Bareng 3 Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Menganalisis Perubahan Wujud Benda Dengan Kegiatan Praktikum Dan Media Benda Konkret. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan guru sebagai peneliti, bahwa dalam pembelajaran IPA di SD siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru meskipun materi tersebut sudah berulang kali diajarkan, peneliti merasakan bahwa siswa dalam memperoleh materi kurang sekan akan membayangkan segala macam ucapan yang disampaiakan guru. sehingga seakan akan siswa dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi . Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pemahaman siswa dengan melakukan kegiatan praktikum dan media benda konkret materi perubahaan wujud benda kelas III SDN Bareng 3. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk melakukan kegiatan praktikum kemudian Guru memberikan tes formatif untuk mengetahui pemahaman siswa setelah melakukan kegiatan praktikum. (2) Untuk melatih siswa agar dapat melakukan kegiatan praktikum dengan melakukan kegiatan praktikum dan media benda konkret materi perubahan wujud benda kelas III SDN Bareng 3. Dengan melakukan kegiatan praktikum siswa akan belajar secara langsung dengan objek yang diamatinya serta dapat merasakan dengan panca indera seperti melihat apa yang mereka amati, mendengar apa yang dihasilkan bunyi pada objek, mencium apa yang mereka bau, meraba apa yang mereka sentuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III SDN BAreng 3 yang berjumlah 23 siswa, 14 laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai kelas pada siklus I adalah 70, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran perubahan wujud benda melalui kegiatan praktikum dan media benda konkret siswa III SDN BARENG 3 Kec.Sawahan, Kab.Nganjuk.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI