PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FPB DAN KPK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA SISWA KELAS IV SRA MI AL-KAUTSAR
Author (Penulis)
YULY ANNANINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0389
Abstract
Abstrak
Yuly Annaningtyas. 2015. Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar FPB dan KPK Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Media Permainan Ular Tangga Matematika Siswa Kelas IV SRA MI Al-Kautsar. Skripsi. Kediri. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2015. Pembimbing (I) Dr.Sulistiono, Msi. (II) Mumun Nurmilawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK, media permainan ular tangga matematika, model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada kelas IV SRA MI Al-Kautsar Kota Kediri, ditemukan fakta bahwa situasi pembelajaran di kelas yang cenderung terpusat pada guru yang berdampak pada rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar FPB dan KPK dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan media permainan ular tangga matematika siswa kelas IV SRA MI. AL-Kautsar Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan dengan teknik Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus dan objek penelitian siswa kelas IV SRA MI Al-Kautsar Kota Kediri sebanyak 10 siswa. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa yang diukur dengan tes formatif, dan aktifitas siswa yang diukur dengan rubrik penilaian yang telah divalidasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktifitas dan hasil belajar FPB dan KPK dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan media permainan ular tangga matematika dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dari 75% dan 70% pada siklus I meningkat menjadi 90% dan 90% pada
siklus II.