Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Didukung oleh Media Tiga Dimensi terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Datar dan Bangun Ruang Sederhana Siswa Kelas V SDN Bantengan Kec. Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

YUDHA WIJAYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang siswa kelas V SDN Bantengan kecamatan Bandung kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SDN Bantengan 1 dan SDN Bantengan 2 yang keseluruhan berjumlah 34 siswa. Penelitian dengan menggunakan metode eksperimen desain kelompok pembanding yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran yang di dalamnya terdapat tes.Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakanmodel pembelajaran Realistic Mathematics Education didukung media tiga dimensi dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education tanpa didukung media tiga dimensi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol setelah penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education tanpa didukung media tiga dimensi sebesar 75,88. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education didukung media tiga dimensi sebesar 80,59.Akan tetapi berdasarkan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelaseksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Realistic Mathematics Education didukung media tiga dimensi dapat lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sederhana dibanding penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education tanpa didukung media tiga dimensi, meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Kata kunci : Kemampuan Memecahkan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sederhana, model pembelajaran Realistic Mathematics Education, media tiga dimensi

Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Choir, Miftachul. Pembelajaran Matematika Realistik (RME).(Online).https://mifta01.wordpress.com/tag/pembelajaran-matematika-realistik-rme/. Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Kardi, Soeparman, Mohamad Nur. 2000. Pengajaran langsung. Surabaya :Universitas Negeri Surabaya Universiti Press. Kornelis. 2012. Pengaruh model pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.(Online) http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/984/1/T1_292008275_Judul.pdf. Mubarok, Nafi. 2012. Media pembelajaran Tiga Dimensi. (Online).http://nafimubarokdawam.blogspot.co.id/2012/05/media-pembelajaran-tiga-dimensi.html. Diunduh 01 Juni 2017. Nurulwati. 2000. Model-model Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Okta viandy, Navel. 2012. Metode Penelitian Eksperimen. (Online) https://navelmangelep.wordpress.com/2012/02/27/metode-penelitan-eksperimen/, diunduh 01 Juni 2017. Ridwan.2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta. Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sardiman.(1992). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani Suranto. (2005). Komunikasi Perkantoran. Yogyakarta: Wahana Grafika. Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: GrahaIlmu. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online)http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf, diunduh 01 Juni 2017

PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI