PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DIDUKUNG MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT SISWA KELAS III SD WANGKALKEPUH KECAMATAN GUDO KABUPATEN JOMBANG TAHUN AJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

YONGKI ARIEF PRASTYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0382

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Wangkalkepuh masih mengalami kesulitan untuk membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat dikarenakan tidak adanya model dan media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang aktivitas belajar padahal di sisi lain siswa dituntut untuk memiliki kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat sehingga dibutuhkan model TGT didukung media flipchart untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian sebagai berikut: mendeskripsikan kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Wangkalkepuh Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang tahun ajaran 2016-2017 dengan metode pembelajaran konvensional, dengan model TGT didukung media flipchart, dan pengaruh penerapan model TGT dan media flipchart. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian ekperimen sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Wangkalkepuh sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III SDN Plumbongambang II Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa test, dan instrumennya berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial menggunakan uji- t pada taraf siginifikan 5%. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model TGT didukung media flipchart terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat pada siswa kelas III SDN Wangkalkepuh. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) siswa kelas III SDN Plumbongambang II kurang mampu membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat dengan metode pembelajaran konvensional, buktinya nilai rata-rata 66,55. (2) siswa kelas III SDN Wangkalkepuh mampu membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat dengan model pembelajaran TGT (Teams Games tournament) dengan media flipchart, buktinya nilai rata-rata 80,86. (3) ada pengaruh yang sangat signifikan dalam penggunaan model pembelajaran TGT (Teams Games tournament) dengan media flipchart terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat kelas III SDN Wangkalkepuh. Hal ini diketahui berdasarkan perolehan dari t_hitung (3,79) > t_tabel (2,022) dengan taraf signifikan 5% maka Ho ditolak sehingga Ha diterima. KATA KUNCI : model pembelajaran teams games tournament, media pembelajaran flipchart, kemampuan belajar, membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI