PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA SISWA KELAS IV SDN RINGINPITU 2


Author (Penulis)

YONGKI ANGGA P
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0381

Abstract

Yongki Angga Prasetiya : Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Diskusi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas Yang Terdapat Di Lingkungan Sekitar Serta Sifat-Sifatnya Siswa Kelas IV SDN Ringinpitu 2, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Metode demonstrasi dan diskusi, media konkrit, hasil belajar, energi panas Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan pada siswa dan diskusi dengan guru kelas, bahwa pembelajaran IPA di SDN Ringinpitu 2 masih didominasi oleh guru, sehingga motivasi belajar siswa rendah, tidak bisa memecahkan masalah secara mandiri dan berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mendeskripsikan energi panas setelah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mendeskripsikan energi panas setelah menggunakan metode pembelajaran diskusi, dan untuk mengetahui perbedaan setelah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan menggunakan menggunakan metode pembelajaran diskusi. Penelitian dilakukan secara eksperimen, dengan desain tes akhir dua kelompok diacak (post test-only control design). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV-A dan siswa kelas IV-B SDN Ringinpitu 2 yang berjumlah 24 siswa. Parameter yang diukur adalah kemampuan mendeskripsikan energi panas, yang diukur dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi lebih baik dari pada menggunakan metode pembelajaran diskusi karena media konkrit dapat memperluas wawasan dan dapat memberi contoh yang nyata bagi siswa, sehingga mereka dapat memahami pelajaran dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI