PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SDN BALOWERTI II KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

WIWIT HENDRIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0373

Abstract

Abstrak Wiwit Hendriati : Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat – Sifat Bangun Ruang Sederhana pada Siswa Kelas IV SDN Balowerti II Kota Kediri Tahun Ajaran 2014 - 2015. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kemampuan Mengidentifikasi Sifat – Sifat Bangun Ruang Sederhana. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Balowerti 2 yang menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang sederhana pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV pada semester 2 SDN Balowerti 2 cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran Matematika yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru. Guru lebih mendominasi pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi membosankan. Permasalahan peneliti ini adalah: (1) Apakah metode demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Balowerti II Kota Kediri (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang sederhana menggunakan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Balowerti II Kota Kediri (3) Adakah perbedaan kemampuan antara penggunaan metode demonstrasi dengan metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN Balowerti II Kota Kediri? Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Pre-test Post-test Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas IV SDN Balowerti 2 dan Balowerti 3 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV SDN Balowerti 2 sebagai kelas Kontrol dengan penyampaian metode ceramah dan kelas IV SDN Balowerti 3 sebagai kelas eksperimen dengan Metode Demonstrasi dan menggunakan analisis data menggunakan t-tes. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kemampuan mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang sederhana yaitu menggunakan tes. Dari analisis data yang telah dilakukan, untuk kelas IV SDN Balowerti 2(kelas kontrol) dengan mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang sederhana sedangkan untuk kelas IV SDN Balowerti 3 (kelas eksperimen) dengan mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang sederhana. Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode ceramah berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN Balowerti 2 Kota Kediri, terbukti dengan hasil th = 3,122 > tt1% = 2,898 (dengan ketuntasan sebesar 65,28%); (2) Penggunaan metode demonstrasi sangat berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN Balowerti 3 Kota Kediri, terbukti dengan hasil th = 5,872 > tt1% = 2,878 (dengan ketuntasan sebesar 87,64%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara metode ceramah dibanding metode demonstrasi terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN Balowerti Kota Kediri, dengan hasil perhitungan th = 3,266> tt1%= 2,704 dengan keunggulan pada penggunaan metode demonstrasi (X ? KK 65,28< X ? KE 87,64).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI