PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN 1 BANDUNG
Author (Penulis)
WIDYANINGTYAS SETYARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0371
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang dilakukan pada siswa dan diskusi dengan guru kelas, bahwa pembelajaran IPA di SDN 1 Bandung masih didominasi oleh guru, sehingga motivasi belajar siswa rendah, tidak bisa memecahkan masalah secara mandiri dan berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran numbered heads together dengan media gambar terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Bandung. Penelitian dilakukan secara eksperiment, dengan desain tes akhir dua kelompok yang diacak (post test-only control design). Subyek penelitian adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki, 18 siswa perempuan dan kelas V-B yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki 16 siswa perempuan dari SDN 1 Bandung. Parameter yang diukur adalah kemampuan menjelaskan pesawat sederhana, yang diukur dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran numbered heads together dengan media gambar lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran numbered heads together tanpa media karena media gambar dapat memperluas wawasan dan dapat memberi contoh yang nyata bagi siswa. Sehingga mereka dapat memahami pelajaran dengan baik.