PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENEMUKAN KALIMAT UTAMA PADA TIAP PARAGRAF MELALUI MEMBACA INTENSIF DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS IV SDN MANGGIS I


Author (Penulis)

WAHYU HIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0366

Abstract

WAHYU HIDAYATI. Peningkatan Hasil Belajar Menemukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf Melalui Membaca Intensif Dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas IV SDN Manggis I. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci : hasil belajar, kalimat utama, membaca intensif, model CIRC (cooperative integrated reading and composition) Latar belakang Penelitian ini adalah hasil pengamatan penulis yang menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN Manggis I Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, banyak yang kurang aktif dalam pembelajaran membaca dan menulis khususnya membaca intensif dalam menemukan kalimat utama pada tiap paragraf. Sehingga hasil belajar siswa tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal ini disebabkan saat pembelajaran guru tidak menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih cepat memahami materi dan aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa kelas IV SDN Manggis I? ; (2) Adakah peningkatan hasil belajar menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa kelas IV SDN Manggis I?. Subyek penelitian ini yakni siswa kelas IV SDN Manggis I, dengan jumlah siswa 29 siswa masing-masing perempuan 11 siswa dan laki-laki 18 siswa. Teknik penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu soal teks esay dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran CIRC dalam menemukan kalimat utama pada tiap paragraf memperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 73,75 pada siklus I dan 85,13 pada siklus II, (2) ada peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 43,11% dan meningkat menjadi 88,8 % pada siklus II.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI