PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION DENGAN DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENGANALISIS PERUBAHAN ENERGI BUNYI MELALUI PENGGUNAAN ALAT MUSIK SISWA KELAS IV SD
Author (Penulis)
WAHYU BAGUS S
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0365
Abstract
Wahyu Bagus Styawan : Pengaruh Metode Group Investigation Dengan Didukung Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Siswa Menganalisis Perubahan Energi Bunyi Melalui Penggunaan Alat Musik Siswa Kelas 4 SD, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016.
Kata kunci : Metode group investigation, media tiga dimensi, kemampuan menganalisis, energi bunyi.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan pada siswa dan diskusi dengan guru kelas, bahwa pembelajaran IPA di SDN Wangkalkepuh masih didominasi oleh guru, sehingga motivasi belajar siswa rendah, tidak bisa memecahkan masalah secara mandiri dan berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalis energi bunyi setelah menggunakan metode pembelajaran group investigation, dan untuk mengetahui perbedaan setelah menggunakan metode pembelajaran group investigation dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah. Penelitian dilakukan secara eksperimen, dengan desain tes akhir dua kelompok diacak (post test-only control design). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV-A dan siswa kelas IV-B SDN Wangkalkepuh yang berjumlah 25 siswa. Parameter yang diukur adalah kemampuan menganalisis perubahan energi bunyi, yang diukur dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran group investigation lebih baik dari pada menggunakan metode pembelajaran ceramah, selain itu metode group investigation didukung dengan media tiga dimensi yang dapat memperluas wawasan dan dapat memberi contoh yang nyata bagi siswa, sehingga mereka dapat memahami pelajaran dengan baik.