PENGARUH METODE PROJECT BASED LAERNING (PjBL) DENGAN TEKNIK CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT ATAU UNSURNYA PADA SISWA KELAS III SDN SURUHAN LOR KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

WAHYU ARGA FITNANTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0363

Abstract

ABSTRAK Wahyu Arga Fitnanta: PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN TEKNIK CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT ATAU UNSURNYA PADA SISWA KELAS III SDN SURUHAN LOR KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015, Skripsi, PGSD, FKIP, UNP Kediri, 2014. Kata kunci: metode PjBL, teknik Quiz, hasil belajar, percobaan gaya Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran masih menggunakan metode sederhana yaitu ceramah yang terpusat dari guru salah satunya mata pelajaran Matematika. Maka peneliti menggunakan salah satu metode baru yang masih jarang digunakan yaitu metode Project Based Learning (PjBL) dengan teknik Card Sort. Permasalahan penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa sebelum menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) dengan teknik Cart Sort terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) kemampuan siswa sesudah menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) dengan teknik Cart Sort terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) pengaruh metode Project Based Laerning (PjBL) dengan teknik Card Sort terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan cara konvensional (teacher center)? Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampelnya dengan sampel random/acak. Metode dan instrumen pengumpulan datanya adalah: RPP dan tes yang telah divalidasi. Teknik pengujian data yang dipergunakan adalah datanya bersifat kuantitatif dan diolah dengan uji T. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa sebelum menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) dengan teknik Card Sort terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah kurang baik (2) Kemampuan siswa sesudah menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) dengan teknik Card Sort terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah baik (3) Ada pengaruh signifikan metode Project Based Laerning (PjBL) dengan teknik Card Sort terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 hal ini dibuktikan dengan hasil hipotesis yang mengatakan ada pengaruh penggunaan metode Project Based Laerning (PjBL) dengan teknik Card Sort terhadap hasil belajar materi bangun datar mata pelajaran Matematika siswa kelas III SDN Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 diterima karena thitung > ttabel berarti penggunaan metode Project Based Laerning (PjBL) dengan teknik Card Sort lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan cara konvensional (teacher center). Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) bagi siswa dengan penggunaan metode Project Based Laerning (PjBL) diharapkan dapat berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mempelajari konsep dan aturan dalam matematika, khususnya dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya. Siswa diharapkan mempersiapkan diri juga mempersiapkan buku matematika dari referensi lain sebelum melakukan pembelajaran di kelas. Siswa juga terlebih dulu belajar di rumah sebelum menerima materi dari guru di kelas, (2) bagi orang tua, orang tua lebih memperhatikan kegiatan belajar mengajar siswa di rumah, karena usia sekolah dasar masih sangat memerlukan bimbingan belajar dari orang tua dengan cara memberikan les privat kepada siswa supaya siswa lebih giat lagi untuk belajar, (3) kepada para guru Peneliti menyarankan kepada para guru untuk lebih mempersiapkan diri sebelum mengajar di kelas. Penggunaan metode dan materi pelajaran harus sudah siap. Serta pemilihan metode yang tepat juga sangat menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran di kelas, (4) bagi lembaga diharapkan bagi SDN Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung untuk lebih mempersiapakan lagi sarana prasarana yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran, karena meskipun metode yang digunakan sudah tepat namun jika tidak didukung dengan sarana prasarana yang memadahi maka hasil belajar siswa juga tidak akan maksimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI