PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS V MI YPSM BLIMBING KECAMATAN TAROKAN TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ULLYFATUL IKLIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0357

Abstract

Abstrak Ullyfatul Iklimah: Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Organ Pernapasan Manusia Dan Hewan Melalui Model Cooperative Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas V MI YPSM Blimbing Kecamatan Tarokan Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: kooperatif, Student Teams Achievement Division, hasil belajar, organ pernapasan manusia dan hewan. Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA materi organ pernapasan manusia dan hewan pada kelas V MI YPSM Blimbing belum berjalan dengan maksimal. Siswa beranggapan pelajaran IPA merupakan pelajaran yang kurang menyenangkan sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan yang pertama, siswa kurang berminat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPA. Permasalahan yang kedua,siswa dengan guru kurang berinteraksi dalam pembelajaran terutama pada penerapan model belajar di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi adalah model pembelajaran STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran serta dalam meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi organ pernapasan manusia dan hewan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI YPSM Blimbing Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Penelitian menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Dengan sintaks pembelajaran meliputi pengajaran, tim studi, tes, dan rekognisi. Parameter yang diamati adalah penerapan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran serta dalam peningkatan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi organ pernapasan manusia dan hewan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar siswa dan observasi yang dilakukan pada setiap siklus. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa MI YPSM Blimbing lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 78,61 dengan siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa pada siklus I meningkat menjadi 80,5 dengan siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa pada siklus II. Lebih dari 75% siswa kelas V MI YPSM Blimbing aktif mengikuti pembelajaran IPA.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI