PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KEGIATAN MENCERITAKAN PENGALAMAN MELALUI TULISAN TERHADAP KEMAMPUAN KETRAMPILAN MENULIS SUB TEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN KELAS IV SD


Author (Penulis)

TYAS DWI AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0354

Abstract

ABSTRAK Tyas Dwi Agustina: PENGARUH MODELQUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KEGIATAN MENCERITAKAN PENGALAMAN MELALUI TULISAN TERHADAP KEMAMPUAN KETRAMPILAN MENULIS SUB TEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN KELAS IV SD,Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2015. Kata Kunci: quantum learning didukung media gambar seri, kegiatan menceritakan pengalaman melalui tulisan,ketrampilan menulis Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang dilakukan pada siswa dan diskusi dengan guru kelas, bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 1 Gador dan SDN 2 kamulan masih didominasi oleh guru, sehingga motivasi belajar siswa rendah, tidak bisa memecahkan masalah secara mandiri dan berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketrampilan menulis siswa setelah menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan media gambar seri, untuk mengetahui ketrampilan menulis siswa setelah menggunakan model pembelajaran quantum learning tanpa media, dan untuk mengetahui perbedaan setelah menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan media gambar seri dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning tanpa media. Penelitian dilakukan secara eksperiment, dengan desain tes akhir dua kelompok diacak (post test-only control design). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Gador yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki, 20 siswa perempuan dan kelas IV SDN 2 Kamulan yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki 12 siswa perempuan dari. Parameter yang diukur adalah ketrampilan menulis, yang diukur dengan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran quantumlearning dengan media gambar seri lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran quantumlearning tanpa media karena media gambar dapat memperluas wawasan dan dapat memberi contoh yang nyata bagi siswa. Sehingga mereka dapat memahami pelajaran dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI