PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MEMILIH ALAT UKUR SESUAI DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS III SDN KRAS I KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015”


Author (Penulis)

TYANA MIA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0352

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya pada kelas III, siswa SDN Kras I kesulitan memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya. Dikarenakan pembelajaran yang mengantarkan materi tersebut hanya dominan pada buku. Dan cenderung mengajarkan dengan cara berceramah. Penggunaan metode ceramah yang monoton membuat siswa memahami materi dalam waktu yang lama. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran Mind Mapping agar tujuan pembelajaran tercapai. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana kemampuan siswa memecahkan masalah memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Mind Mapping? (2) Bagaimana kemampuan siswa memecahkan masalah memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya pada kelas yang menggunakan model Mind Mapping? (3) Adakah pengaruh penggunaan model Mind Mapping terhadap kemampuan siswa memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Post test Only Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III A dan III B SDN Kras I Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah statistik diskriptif dengan menggunakan SPSS for Windows versi 16.0 pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan t-hitung > t-tabel (6,839 > 1.66792 ) dan nilai rata-rata kelas III A (kelas eksperimen) 82,20 serta nilai rata-rata kelas III B (kelas kontrol) 66,28. Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadapa kemampuan memilih alat ukur sesuai denngan fungsinya pada siswa kelas III SDN Kras I Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa pada materi memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Mind Mapping tergolong masih rendah, karena rata-rata nilai yang diperoleh kurang dari KKM(2) Kemampuan siswa memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping mencapai KKM(3) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya pada siswa kelas III SDN Kras I Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI