PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

TUTUT RETNO SWARTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0351

Abstract

Tutut Retno Swartika: Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Menjumlahkan Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: Numbered Head Together, kemampuan, menjumlah pecahan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada hasil akhirnya hasil belajar siswa juga rendah. Permasalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menjumlahkan pecahan sebelum menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa SD kelas IV? (2) Bagaimana kemampuan menjumlahkan pecahan setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa SD kelas IV? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV?. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Margourip I yang menjadi kelas control dan kelas IV SDN Janti yang menjadi kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, tahapan pertama menguji hasil belajar pada kelas kontrol dan dilanjutkan pada kelas eksperimen, menggunakan instrumen berupa RPP dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui tahap penelitian dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam menetukan motivasi belajar siswa, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama antar siswa, sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran, (2) Guru masih perlu mengembangkan penelitiannya untuk membuktikan apakah penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI