STUDI DESKRIPTIF TENTANG PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SDN PAYAMAN II NGANJUK


Author (Penulis)

TRISAN DEWI R
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0350

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini diadakan dengan latar belakang bahwa perpustakaan sekolah mempunyai pe-ranan yang penting dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar sebagai sumber belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sebagai sum-ber belajar siswa SDN Payaman II Nganjuk dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah pustakawan, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian kebsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SDN Payaman II Nganjuk telah memanfaatkan perpustakaan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu pemanfaatan perpustakaan oleh siswa sebagai sumber belajar sebesar 74,2% termasuk dalam katagori baik. Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan perpustakaan yaitu: belum tersedianya tenaga khusus perpustakaan, belum tersedianya ruangan yang memadai untuk perpustakaan, kurangnya koleksi buku pelajaran, dan penataan koleksi kurang sistematis sehingga menyulitkan dalam pencarian buku. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa SDN Payaman II Nganjuk telah memanfaatkan perpustakaan dengan baik. Namun dalam pemanfaatan perpustakaan masih mengalami kendala-kendala. Maka diperlukan kesadaran dan perhatian lembaga dan pengelola perpustakaan untuk meningkatkan fasilitas, koleksi dan pelayanan. Tidak hanya itu saja, kesadaran dan perhatian oleh siswa untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar perlu dioptimalkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI