PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL SCRAMBLE PADA KEGIATAN MELAPORKAN HASIL PENGAMATAN TENTANG HEWAN TERHADAP KETRAMPILAN MENULIS LAPORAN PADA SISWA KELAS IV SDN PAPAR 2


Author (Penulis)

TRIHANDAYANI MULYANINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0348

Abstract

TRIHANDAYANI MULYANINGTYAS:Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dengan Model Scramble Pada Kegiatan Melaporkan Hasil Pengamatan Tentang Hewan Terhadap Ketrampilan Menulis Laporan Pada Siswa Kelas IVSDN Papar,Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Model Scremble, hasil pengamatan, ketrampilan menulis laporan. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan pada siswa dan diskusi dengan guru kelas, bahwa pembelajaran IPA di SDN Papar 2 masih didominasi oleh guru, sehingga motivasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketrampilan siswa dalam menulis laporan dari hasil pengamatan tentang hewan yang diajar dengan model scremble dengan media gambar, dan tanpa media. Penelitian ini menggunakan desain Pottest Only Control Design dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Papar II. Parameter yang diamati adalah ketrampilan menulis laporan yang diukur dengan rubrik penilaian yang telah divalidasi. Kemampuan ketrampilan menulis siswa yang diajar menggunakan model scremble dan media gambar adalah 83.50 lebih tinggi dari ada siswa yang diajar menggunakan model scremble tanpa media yaitu 73, 00

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI