PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN SEMAMPIR KOTA KEDIRI TAHUN 2014/2015


Author (Penulis)

TRI SUTRISNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0347

Abstract

ABSTRAK Tri Sutrisno : Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya pada Siswa Kelas III SDN Semampir Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci : model pembelajaran Mind Mapping, kemampuan mengidentifikasi. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti, siswa kelas III SDN Semampir kurang mampu dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya. Hal tersebut terjadi karena kecenderungan guru hanya mengajar dengan ceramah. Menggunakan metode ceramah siswa akan mengalami kebosanan dan cenderung tidak memperhatikan guru saat mengajarkan materi. Pembelajaran yang monoton tersebut akan menyebabkan siswa kesulitan menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya ialah model pembelajaran Mind Mapping. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Semampir tanpa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Semampir jika menggunakan model pembelajaran Mind Mapping? (3) Seberapa signifikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Semampir? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Semampir 1 dan SDN Semampir 4 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan instrument berupa RPP dan tes hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa kelas III SDN Semampir pada materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya tanpa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping tergolong masih kurang mampu, terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 72 ,masih berada dibawah KKM yakni 75. (2) kemampuan siswa kelas III SDN Semampir mengidentifikasi sumber energi dan kegunaan-nya dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping mencapai KKM, terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 82, sudah berada di atas KKM yakni 75. (3) ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Semampir Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Dibuktikan dengan diperolehnya nilai t-hitung > t-tabel yaitu (6,839 > 1.66792 ) dan nilai rata-rata kelas III SDN Semampir 1 (kelas eksperimen) 82 serta nilai rata-rata kelas III SDN Semampir 4 (kelas kontrol) 72, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping, proses kegiatan pembelajaran dapat membangkitkan semangat belajar para siswa, juga meningkatkan hasil belajar siswa terutama materi tentang sumber daya alam dan kegunaannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI