PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN SEMAMPIR KOTA KEDIRI TAHUN 2014/2015
Author (Penulis)
TRI SUTRISNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0347
Abstract
ABSTRAK
Tri Sutrisno : Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap
Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya pada Siswa
Kelas III SDN Semampir Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata Kunci : model pembelajaran Mind Mapping, kemampuan mengidentifikasi.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti, siswa kelas III
SDN Semampir kurang mampu dalam mengidentifikasi sumber energi dan
kegunaannya. Hal tersebut terjadi karena kecenderungan guru hanya mengajar
dengan ceramah. Menggunakan metode ceramah siswa akan mengalami
kebosanan dan cenderung tidak memperhatikan guru saat mengajarkan materi.
Pembelajaran yang monoton tersebut akan menyebabkan siswa kesulitan
menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Upaya untuk mengatasi masalah
tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya ialah
model pembelajaran Mind Mapping.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Semampir
tanpa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping? (2) Bagaimana
kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas
III SDN Semampir jika menggunakan model pembelajaran Mind Mapping? (3)
Seberapa signifikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping
terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada
siswa kelas III SDN Semampir?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian
siswa kelas III SDN Semampir 1 dan SDN Semampir 4 Kota Kediri. Penelitian ini
menggunakan instrument berupa RPP dan tes hasil belajar.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa kelas III SDN
Semampir pada materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya tanpa
menggunakan model pembelajaran Mind Mapping tergolong masih kurang
mampu, terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 72 ,masih berada
dibawah KKM yakni 75. (2) kemampuan siswa kelas III SDN Semampir
mengidentifikasi sumber energi dan kegunaan-nya dengan menggunakan model
pembelajaran Mind Mapping mencapai KKM, terlihat dari nilai rata-rata yang
diperoleh siswa yaitu 82, sudah berada di atas KKM yakni 75. (3) ada pengaruh
yang sangat signifikan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap
kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas
III SDN Semampir Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Dibuktikan dengan
diperolehnya nilai t-hitung > t-tabel yaitu (6,839 > 1.66792 ) dan nilai rata-rata
kelas III SDN Semampir 1 (kelas eksperimen) 82 serta nilai rata-rata kelas III
SDN Semampir 4 (kelas kontrol) 72, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada
taraf signifikan 5%.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, dengan menggunakan model
pembelajaran Mind Mapping, proses kegiatan pembelajaran dapat membangkitkan
semangat belajar para siswa, juga meningkatkan hasil belajar siswa terutama
materi tentang sumber daya alam dan kegunaannya.