PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERBEDAAN PASAR TRADISIONAL DENGAN PASAR MODERN SISWA KELAS III SDN MOJOROTO VI KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

TINA PUSPASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0344

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan pada kemampuan mengidentifikasi perbedaan pasar tradisional dengan pasar modern pada siswa kelas III SDN Mojoroto VI Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Antara siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kontekstual dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual.Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain group pretest-posttes. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada di SDN Mojoroto VI kelas III. Sehingga subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas III SDN Mojoroto VI Kota Kediri dengan jumlah siswa 38.Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan jenis penilaian tertulis yaitu soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t dengan statistik deskriptif dan independent samples test. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model pembelajaran kontekstual. Untuk mengetahui ada atau tidaknya perubahan hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji t yaitu diperoleh thitung = -15,233 ttabel =2,026 karena nilai thitung negatif maka pengujian hipotesis dilakukan di kurva sebelah kiri dengan norma keputusan jika thitung < ttabel H0 ditolak Ha diterima. Nilai thitung

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI