PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERIMENDESKRIPSIKAN TERJADINYA PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN MEDIA VISUAL DAN AUDIO VISUAL DALAM MODEL INKUIRI SISWA KELAS IV SD TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

TEGUH WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0342

Abstract

ABSTRAK TEGUH WIDODO:Perbedaan Hasil Belajar MateriMendeskripsikan Terjadinya Perubahan Wujud Benda Dengan Media Visual Dan Audio Visual Dalam Model Inkuiri Siswa Kelas IV SD Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Hasil belajar,media visual, audio visual, model inkuiri, Peneltian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang ada pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan peneltian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar pada materi perubahan wujud benda siswa kelas IV Sekolah Dasar yang di ajar dengan model inkuiri dengan media visual? (2) Bagaimanakah hasil belajar pada materi perubahan wujud benda siswa kelas IV Sekolah Dasar yang di ajar dengan model inkuiri dengan media audio visual? (3) Bagaimanakah perbedaan hasil belajar pada materi perubahan wujud benda dengan media visual dan audio visual dalam model inkuiri pada siswa kelas IV Sekolah Dasar? Penelitian ini dilakukan secara eksperimen, dengan sampel siswa kelas IV SDN Banjar 1 dan SDN Banjar II.Hasil belajar diukur dengan post test dan data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t yang hasilnya adalahthitungsebesar 3,468 ttabel sebesar 2,026 dengan nilai p (sig. 2-tailed) = 0,002 > ? 0,05,Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuirimedia audio visual dengan mediavisualpada siswa kelas IV SDN Banjar 1 dan SDN Banjar II Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI