PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERIMENDESKRIPSIKAN TERJADINYA PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN MEDIA VISUAL DAN AUDIO VISUAL DALAM MODEL INKUIRI SISWA KELAS IV SD TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
TEGUH WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0342
Abstract
ABSTRAK
TEGUH WIDODO:Perbedaan Hasil Belajar MateriMendeskripsikan Terjadinya
Perubahan Wujud Benda Dengan Media Visual Dan Audio Visual Dalam Model
Inkuiri Siswa Kelas IV SD Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, PGSD, FKIP UNP
Kediri, 2015.
Kata kunci : Hasil belajar,media visual, audio visual, model inkuiri,
Peneltian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,
bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan
dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan
membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah,
yang ada pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah.
Permasalahan peneltian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar pada
materi perubahan wujud benda siswa kelas IV Sekolah Dasar yang di ajar dengan
model inkuiri dengan media visual? (2) Bagaimanakah hasil belajar pada materi
perubahan wujud benda siswa kelas IV Sekolah Dasar yang di ajar dengan model
inkuiri dengan media audio visual? (3) Bagaimanakah perbedaan hasil belajar
pada materi perubahan wujud benda dengan media visual dan audio visual dalam
model inkuiri pada siswa kelas IV Sekolah Dasar?
Penelitian ini dilakukan secara eksperimen, dengan sampel siswa kelas IV
SDN Banjar 1 dan SDN Banjar II.Hasil belajar diukur dengan post test dan data
yang diperoleh dianalisis dengan uji-t yang hasilnya adalahthitungsebesar 3,468
ttabel sebesar 2,026 dengan nilai p (sig. 2-tailed) = 0,002 > ? 0,05,Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan pembelajaran inkuirimedia audio visual dengan mediavisualpada
siswa kelas IV SDN Banjar 1 dan SDN Banjar II Kecamatan Panggul Kabupaten
Trenggalek Tahun Pelajaran 2015/2016.