PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV


Author (Penulis)

TATIK FATMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0341

Abstract

Tatik Fatmawati: Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: make a match, kemampuan, lambang bilangan romawi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa kelas IV dalam mengenal lambang bilangan romawi tanpa menggunakan model pembelajaran Make A Match? (2) Bagaimana kemampuan siswa kelas IV dalam mengenal lambang bilangan romawi dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan siswa kelas IV dalam mengenal lambang bilangan romawi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Janti dan SDN Margourip I. Penelitian dilaksanakan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi pelaksanaan pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pada kelas kontrol rata-rata kelas yang didapat tanpa menggunakan model pembelajaran Make A Match kurang memuaskan. (2) Pada kelas eksperimen nilai rata-rata yang didapat tinggi dan lebih banyak pula anak yang nilainya diatas rata-rata. (3) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Make A Match dalam mengenal lambang bilangan romawi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Tujuan pokok model pembelajaran Make A Match adalah untuk memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran dan memacu masalah dari dari setiap pelajaran yang diberikan oleh guru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI