PENGARUH METODE ARTIKULASI DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG SISWA KELAS V SD


Author (Penulis)

SRI WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0338

Abstract

Abstrak Sri Wijayanti: Pengaruh metode artikulasi dengan media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SD Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Metode Artikulasi, Media Gambar, Mendeskripsikan Perjuangan Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD masih didominasi oleh metode ceramah dari guru tanpa menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Akibatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran kurang mendalam, sehingga hasil belajar mereka cenderung masih rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti diajukan 3 masalah sebagai berikut (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang sebelum di terapkannya metode artikulasi dengan media gambar siswa kelas V SDN Talun? (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang sesudah di terapkannya metode artikulasi dengan media gambar siswa kelas V SDN Talun? (3) Adakah pengaruh penerapan metode artikulasi dengan media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SDN Talun?. Dengan tujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa sebelum di terapkannya metode artikulasi dengan media gambar. (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa sesudah di terapkannya metode artikulasi dengan media gambar. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode artikulasi dengan media gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desain yang digunakan adalah “ Pre experimental” dengan bentuk “One-group pretest-posttest”. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan tes (pretest dan posttest). Analisis data yang digunakan adalah analisis stastistik t-tes (spss 16.00) Hasil analisis yang dilakukan pada pretest di ketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 45,6522 sedangkan pada posttest diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,8696. Sehingga nilai posttest lebih besar bila di banding nilai pretest. Data hasil perhitungan uji t diperoleh taraf sig (2 tailed) yaitu 0.000 dengan df 22, maka didapat sig (2 tailed) ) 0.000 < signifikansi 5 % atau 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan “ada pengaruh penerapan metode artikulasi dengan media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SDN Talun Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk ”.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI