PENGARUH PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP PENGUASAAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT SISWA KELAS III SDN WONOREJO TAHUN AJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

SOIBATUL ASLAMIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0334

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa di SDN Wonorejo belum dapat menguasai ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat secara maksimal. Hal ini dikarenakan pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru,dan kurang bervariasinya metode maupun model pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Akibatnya banyak siswa yang lebih memilih untuk bersikap pasif dalam menerima pelajaran. Untuk itu dibutuhkan model pembelajaran Examples Non Examples yang sesuai dengan materi pembelajaran tersebut agar siswa menjadi lebih aktif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penguasaan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Wonorejo tahun ajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model Examples Non Examples? (2) Bagaimana penguasaan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Wonorejo tahun ajaran 2014/2015 setelah menggunakan model Examples Non Examples? (3) Adakah pengaruh pembelajaran Examples Non Examples terhadap penguasaan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Wonorejo tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre-Experimental Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Wonorejo. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal isian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung (5,263) > t-tabel (2,064) dan nilai rata-rata kelas sebelum menggunakan model Examples Non Examples (49,2) < 70 (KKM), sedangkan rata-rata kelas setelah menggunakan model Examples Non Examples (79,2) > 70 (KKM). Artinya ada

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI