PENGARUH MODEL BERTUKAR PASANGAN DIDUKUNG MEDIA GRAFIS (KOMIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIDENGARNYA SISWA KELAS II SDN BANDUNG 1 TULUNGAGUNG 2014/2015


Author (Penulis)

SITI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0333

Abstract

ABSTRAK SITI WULANDARI : Pengaruh Model Bertukar Pasangan Didukung Media Grafis (Komik) Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Dongeng Yang Didengarnya Siswa Kelas II SDN Bandung 1 Kabupaten Tulungagung 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : model bertukar pasangan, media grafis (komik), kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi menceritakan isi dongeng kelas II, siswa SDN Bandung 1 kesulitan untuk menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru belum menentukan model juga media yang tepat untuk materi menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya, guru mengajar belum menerapkan model maupun media. Siswa kesulitan untuk menguasai materi ajar sehingga kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengar siswa belum tercapai secara maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model bertukar pasangan didukung media grafis (komik) agar tujuan pembelajarn tercapai. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya sebelum diterapkan model bertukar pasangan didukung media grafis (komik) terhadap siswa kelas II SDN Bandung 1? (2) bagaimana kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya setelah diterapkan model bertukar pasangan didukung media grafis (komik) terhadap siswa kelas II SDN Bandung 1? (3) apakah model bertukar pasangan didukung media grafis (komik) dapat mempengaruhi terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian one-group pretest-posttest design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas II A SDN Bandung 1 Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya pedoman penugasan siswa yaitu tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung ( 8,143 ) > ttabel ( 2,093 ) dan nilai rata-rata kelas II A sebelum diterapkan model bertukar pasangan didukung media grafis (komik) (65) di antara 60 – 73 < KKM (73) dan nilai kelas II A dengan model bertukar pasangan didukung media grafis (komik) (79,25) di antara 75-80 > KKM (73). Artinya ada pengaruh model bertukar pasangan didukung media grafis (komik) terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya siswa kelas II SDN Bandung 1 Kabupaten Tulungagung 2014/2015. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya sebelum diterapkan model bertukar pasangan didukung media grafis (komik) siswa kelas II SDN Bandung 1 Kabupaten Tulungagung 2014/2015 dikategorikan sedang (2) kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya setelah diterapkan model bertukar pasangan didukung media grafis (komik) siswa kelas II SDN Bandung 1 Kabupaten Tulungagung 2014/2015 dikategorikan tinggi (3) ada pengaruh sangat signifikan model bertukar pasangan didukung media grafis (komik) terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya siswa kelas II SDN Bandung 1 Kabupaten Tulungagung 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI