Pengaruh Model KooperatifTipe Make a Match Terhadap KemampuanMengidentifikasiSumberEnergi Dan Kegunaannya SiswaKelas III SDN Kedungsari 1 TahunPelajaran 2014/2015


Author (Penulis)

SITI NUR KHOLIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0331

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD siswa masih kesulitan dalam memahami materi, siswa hanya sebagai pendengar dan tidak pernah ada interaksi belajar maupun kerjasama dengan teman untuk menemukan dan memahami konsep. Hal tersebut terjadi karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi. Sehingga kemampuan peserta didik menjadi kurang berkembang dan mengakibatkan hasil belajar mereka kurang memuaskan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa tes, yaitu soal pilihan ganda. Soal pilihan ganda ini digunakan agar siswa mampu mengidentifikasi sumber enegi dan kegunaannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan siswa yang ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan model make a match materi sumber energi dan kegunaannya yaitu dengan rata-rata 68,75. pembelajarannya dengan model make a match pada materi sumber energi dan kegunaannya yaitu dengan rata-rata 82,75. Model make a match mempunyai pengaruh terhadap kemampuan siswa. hal ini terbukti dari taraf signifikan dengan Paired Samples Test sebesar 0,000 daritaraf signifikan 5% atau 0,05. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) tujuan penggunaan model pembelajaran make a match adalah untuk meningkatkan meningkatkan kemampuan, kreativitas dan menanamkan pentingnya bekerja secara kelompok (2) Guru harus menambah pengetahuan dan membuktikan bahwa model pembelajaran make a match dapat digunakan untuk pembelajaran IPA selain materi sumber energy dan kegunaannya. Kata Kunci: kooperatif, make a match, kemampuan, mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI