PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEKHASAN BANGSA INDONESIA SISWA KELAS 3 SDN PLOSOHARJO 2 PACE NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SISWANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0330

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran materi mengenal kekhasan bangsa Indonesia kelas 3 SDN Plosoharjo 2 yang mana banyak siswa masih mengalami kesulitan memahami materi yang disampaikan. Hal ini dikarenakan pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali pengetahuan yang dimilikinya. Pembelajaran masih bersifat teacher center. Selain itu, kurangnya metode maupun model pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi. Hal itu mengakibatkan banyak siswa yang lebih memilih untuk bersikap pasif dalam menerima pelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model Kooperatif tipe Make a Match agar tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan untuk mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan sebelum menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas 3 SDN Plosoharjo 2 tahun pelajaran 2015/2016; (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas 3 SDN Plosoharjo 2 tahun pelajaran 2015/2016; dan (3) menjelaskan pengaruh siswa dalam mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas 3 SDN Plosoharjo 2 tahun pelajaran 2015/2016; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian one group pre test-post test design dengan subjek penelitian siswa kelas 3 SDN Plosoharjo 2 Kota Nganjuk. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Soal tersebut diberikan kepada kelas 3 SDN Plosoharjo 2. Analisis data yang digunakan adalah program SPSS 16 for Windows dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang diperoleh nilai thitung (15,223) >ttabel( 2,026 ) dan nilai rata-rata kelas 3 sebelum menggunakan model Kooperatif tipe Make a Match (67,63) < KKM (75) dan nilai rata-rata kelas 3 sesudah menggunakan model Kooperatif tipe Make a Match (84,47)> KKM (75). Artinya ada pengaruh model Kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia siswa kelas 3 SD. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia sebelum menggunakan model Kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas 3 SDN Plosoharjo 2 tahun pelajaran 2015/2016 dikategorikan sedang (2) kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia sesudah menggunakan model Kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas 3 SDN Plosoharjo 2 tahun pelajaran 2015/2016 dikategorikan tinggi (3) ada pengaruh sangat signifikan pada penggunaan model Kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia pada siswa kelas 3 SDN Plosoharjo 2. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Make a Match, Kemampuan Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia.?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI