PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN BAHWA GAYA DAPAT MENGUBAH BENTUK BENDA SISWA KELAS IV SDN DOMASAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SINDI ATMA YANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0328
Abstract
Abstrak
Sindi Atma Yanti : Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Hasil Percobaan Bahwa Gaya Dapat Mengubah Bentuk Benda Siswa Kelas IV SDN Domasan Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : Metode Demonstrasi, pembelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda siswa kelas IV SDN Domasan Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 tanpa menggunakan metode demonstrasi. 2) Mengetahui kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda siswa kelas IV SDN Domasan Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan metode demonstrasi. 3) Mengatahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda siswa kelas IV SDN Domasan Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design (One Group Pretest-Posttes Design). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester 2 SDN Domasan Kabupaten Tulungagung. Teknik penelitian ini dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, sedangkan instrumennya berupa soal objektif, yaitu terdiri dari soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 16 menunjukkan bahwa nilai t-hitung (6.445) > nilai t-tabel (2.093) dan nilai rata-rata kelas 83,05 > 70 (KKM) mata pelajaran IPA. Artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda siswa kelas IV SDN Domasan Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Metode Demonstrasi, pembelajaran IPA.