PENGARUH PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN SIFAT BENDA AKIBAT PEMBAKARAN PADA SISWA KELAS III SDN 2 POJOK TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SIFAUL ASROR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0326

Abstract

ABSTRAK Sifaul Asror: Pengaruh Penggunaan Metode Guided Note Taking dengan Mengoptimalkan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Sifat Benda Akibat Pembakaran Pada Siswa Kelas III SDN 2 Pojok Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Kediri: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2014. Pembimbing: (I) Dr. Subardi Agan, M.Pd. (II) Drs. Heru Budiono, M.Pd Kata Kunci: Metode Guided Note Taking, Media Barang Bekas, Perubahan Sifat Benda Akibat Pembakaran, Kelas III. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran perubahan sifat benda aibat dari pemakaran cenderung berorientasi pada guru. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal.. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat dari pembakaran pada siswa kelas III SDN 2 Pojok Ngantru jika menggunakan metode Guided Note Taking tanpa mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat dari pemabakaran pada siswa kelas III SDN 2 Pojok Ngantru jika menggunakan metode Guided Note Taking dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran? (3) Seberapa signifikan pengaruh penggunaan metode Guided Note Taking dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat dari pembakaran pada siswa kelas III SDN 2 Pojok Ngantru?. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 12 April sampai dengan 27 April 2015 di SDN 2 Pojok Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui post test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil post test, ada pengaruh yang signifikan dari hasil rata-rata kelas kontrol dengan hasil rata-rata kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat pada hasil post test kelas kontrol yaitu dari 20 siswa diperoleh hasil belajar rata-rata kelas 85 dengan hasil belajar maksimum 97 dan minimum 70. Dengan nilai KKM 75, ada dua siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Sedangkan pada hasil post test kelas eksperimen dari 20 siswa diperoleh hasil belajar rata-rata kelas 91 dengan hasil belajar maksimum 100 dan minimum 82. Dengan nilai KKM 75, tidak ada siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil rata rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil rata-rata kelas kontrol. Perbedaan hasil rata rata kelas tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode Guided Note Taking memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap pengetahuan perubahan sifat benda akibat pembakaran pada siswa kelas III SDN 2 Pojok Tulungagung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI