PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA GRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR PADA SISWA SDN KRENCENG KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SHINTA DWI RATNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0325

Abstract

Shinta Dwi Ratnawati. Pengaruh Metode Demonstrasi Didukung Media Grafis Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air Pada Siswa Kelas V SDN Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015, Skipsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci :Metode demonstrasi didukung media grafis, Mendeskripsikan Proses Daur Air. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar siswa dalam mendeskripsikan proses daur air menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode demonstrasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan Metode Demonstrasi didukung media grafis berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V-A? (2) Apakah penggunaan Metode Demonstrasi tanpa didukung media grafis berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V-B? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan metode Demonstrasi didukung media grafis dibanding dengan metode Demonstrasi tanpa didukung media grafis terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas V SDN Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Demonstrasi didukung media grafis dan V B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode Demonstrasi tanpa didukung media grafis dengan anlisis uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode Demonstrasi didukung media grafis sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air, hal ini terbukti dari nilai thitung (5,116) > ttabel (2,552) dengan ketuntasan klasikal tinggi yaitu 87,97%. (2) Penggunaan metode Demonstrasi didukung media grafis sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air, hal ini terbukti dari nilai thitung (4,529) > ttabel (2,898) namun demikian ketuntasan masih kurang dari 75% terhadap KKM yaitu 54,17%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan penggunaan metode Demonstrasi didukung media grafis dibanding metode Demonstrasi tanpa didukung media grafis terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V SDN Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Hal ini terbukti dari nilai thitung (4,961) > ttabel (2,750) pada taraf signifikansi 1%. Dengan keunggulan pada penggunaan metode Demonstrasi didukung media grafis, hal tersebut terbukti dari nilai rerata post-test pada penggunaan penggunaan metode Demonstrasi didukung media grafis adalah 91,11 sedangkan nilai rerata post-test pada pengguanan metode Demonstrasi tanpa didukung media grafis adalah 86,33. Dengan demikian 91,11 > 86,33.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI