PERBEDAAN HASIL BELAJAR STRUKTUR DAUN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA DENGAN MEDIA KONKRET DAN GAMBAR DALAM MODEL INKUIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

SETIYO WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0324

Abstract

ABSTRAK SETIYO WIDODO: Perbedaan Hasil Belajar Struktur Dun Tumbuhan Dengan Fungsinya Dengan Media Konkret Dan Gambar Dalam Model Inkuri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Hasil belajar, media konkret, gambar, model inkuiri. Peneltian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang ada pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan peneltian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar pada materi struktur daun tumbuhan dengan fungsinya yang di ajar dengan model inkuiri dengan media gambart siswa kelas IV Sekolah Dasar? (2) Bagaimanakah hasil belajar pada materi struktur daun tumbuhan dengan fungsinya yang di ajar dengan model inkuiri dengan media konkret siswa kelas IV Sekolah Dasar? (3) Bagaimanakah perbedaan hasil belajar pada materi struktur daun tumbuhan dengan fungsinya dengan media konkret dan gambar dalam model inkuiri pada siswa kelas IV Sekolah Dasar? Penelitian ini dilakukan secara eksperimen, dengan sampel siswa kelas IV SDN Besuki I dan SDN Besuki II. Hasil belajar diukur dengan post test dan data yang diperoleh dianalisis dengan Berdasarkan uji-t diketahui sig.(2-tailed) P value = 0,000 < ? = 0,05. nilai thitung sebesar 7,044 lebih besar dari ttabel 2,052 (7,044 > 2,052 taraf signifikan 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri media konkret dengan media gambar pada siswa kelas IV SDN Besuki I dan SDN Besuki II Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI