PERBEDAAN HASIL BELAJAR STRUKTUR DAUN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA DENGAN MEDIA KONKRET DAN GAMBAR DALAM MODEL INKUIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Author (Penulis)
SETIYO WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0324
Abstract
ABSTRAK
SETIYO WIDODO: Perbedaan Hasil Belajar Struktur Dun Tumbuhan Dengan
Fungsinya Dengan Media Konkret Dan Gambar Dalam Model Inkuri Siswa Kelas
IV Sekolah Dasar. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : Hasil belajar, media konkret, gambar, model inkuiri.
Peneltian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,
bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan
dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan
membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah,
yang ada pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah.
Permasalahan peneltian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar pada
materi struktur daun tumbuhan dengan fungsinya yang di ajar dengan model
inkuiri dengan media gambart siswa kelas IV Sekolah Dasar? (2) Bagaimanakah
hasil belajar pada materi struktur daun tumbuhan dengan fungsinya yang di ajar
dengan model inkuiri dengan media konkret siswa kelas IV Sekolah Dasar? (3)
Bagaimanakah perbedaan hasil belajar pada materi struktur daun tumbuhan
dengan fungsinya dengan media konkret dan gambar dalam model inkuiri pada
siswa kelas IV Sekolah Dasar?
Penelitian ini dilakukan secara eksperimen, dengan sampel siswa kelas IV
SDN Besuki I dan SDN Besuki II. Hasil belajar diukur dengan post test dan data
yang diperoleh dianalisis dengan Berdasarkan uji-t diketahui sig.(2-tailed) P value
= 0,000 < ? = 0,05. nilai thitung sebesar 7,044 lebih besar dari ttabel 2,052 (7,044 >
2,052 taraf signifikan 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran
inkuiri media konkret dengan media gambar pada siswa kelas IV SDN Besuki I
dan SDN Besuki II Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Tahun
Pelajaran 2015/2016.