PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC- AUDITORY- VISUALIZATION- INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA SISWA KELAS III SDN SUGIHWARAS 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SETIARA RESTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0323

Abstract

ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat benda sebelum menggunakan model pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intelectually (SAVI) siswa kelas III SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat benda sesudah menggunakan model pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intelectually (SAVI) siswa kelas III SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) Apakah model pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intelectually (SAVI) mempengaruhi hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat benda siswa kelas III SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen, dengan desain satu kelompok tes awal-akhir (One-Group Pretest-Posttest Design). Subjek seluruh siswa kelas III SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diketahui bahwa besarnya angka korelasi antara kedua variabel sebesar 0,847. Maka dengan mengacu pada norma keputusan yang telah diterapkan, dapat diketahui bahwa nilai sangat signifikan yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 < 0,01. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa H_0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intellectually (SAVI) terhadap hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat benda siswa kelas III SDN Sugihwaras 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Somatic- Auditory- Visualization- Intellectually (SAVI), Hasil Belajar, Sifat-sifat Benda.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI