PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAMPAK PERISTIWA ALAM KELAS V SDN SONOPATIK 1 KABUPATEN NGANJUK
Author (Penulis)
SARI FATUL ANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0320
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan model konvensional didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak peristiwa alam pada siswa kelas V SDN Sonopatik 1, Kec. Berbek, Kab. Kediri. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw didukung dengan media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak peristiwa alam pada siswa kelas V SDN Sonopatik 1, Kec. Berbek, Kab. Kediri. 3) Mengetahui perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw didukung media visual dengan model konvensional didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak peristiwa alam pada siswa kelas V SDN Sonopatik 1, Kec. Berbek, Kab. Kediri. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental (Pretest-Posttest Control Group Design). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Sonopatik 1 Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk. Instrumen pengumpulan data yaitu berupa tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model konvensional didukung media visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak peristiwa alam dengan ketuntasan klasikal mencapai 53,48%. (2) Model kooperatif tipe jigsaw didukung media visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak peristiwa alamdengan ketuntasan klasikal mencapai 78,75%. (3) model kooperatif tipe jigsaw didukung media visual lebih unggul dibanding model konvensional didukung media visual
Kata kunci: model kooperatif tipe jigsaw, model pembelajaran konvensional, media visual, kemampuan mengidentifikasi, dampak peristiwa alam.